ARTIKEL TERKAIT


SEBARKAN
ARTIKEL INI

BLOG MOBILBARU sangat ringan buka DI HP kamu

Contact Person:ceritakita8729@gmail.com

Akhirnya Terungkap Kenapa Kamu Ngeri Melihat Gambar Ini, Ternyata Ini penyakit Mematikan Yang Kamu Derita

Diposkan oleh supri haryanto



Akhirnya Kenapa Kamu Ngeri Melihat Gambar Ini, Ternyata Ini penyakit Mematikan Yang Kamu Derita - ya begitulah jika kamu emmang punya penyakit akan sangat takut akan sesuatu pasti melihat foto ini seram dan bisa bisa darah naik kekepala,,Apakah melihat gelembung sabun, coklat soda atau biji bunga teratai membawa Anda berkeringat dingin dan membuat Anda merasa panik? Jika demikian, Anda bisa menjadi penderita salah satu fobia yang paling umum yang belum pernah Anda dengar - trypophobia, atau ketakutan akan lubang.




Untuk trypophobes, penglihatan sekelompok lubang dalam berbagai formasi dapat menyebabkan reaksi yang sangat tidak menyenangkan - dari migrain serius dan serangan panik hingga keringat panas dan peningkatan denyut jantung seperti yang saya kutip dari TRIBUNNEWS.

Penelitian baru oleh ahli sains visual Dr Geoff Cole dan Profesor Arnold Wilkins dari University of Essex menunjukkan bahwa trypophobia dapat terjadi sebagai akibat dari fitur visual tertentu yang juga ditemukan di antara berbagai hewan beracun. Temuan ini dipublikasikan di Psychological Science , sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.

"Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin ada bagian evolusioner kuno dari otak yang memberi tahu orang bahwa mereka melihat binatang beracun," jelas Dr Cole.

Meskipun trypophobia telah banyak didokumentasikan oleh penderita di internet, namun masih belum diketahui dan baru diterima oleh Wikipedia, yang menganggapnya sebagai entri tipuan.

Dalam sebuah penelitian, tim peneliti Essex menemukan bahwa 16 persen partisipan melaporkan reaksi trypophobic. Meskipun demikian, hanya sedikit penelitian ilmiah tentang fenomena tersebut, yang menyebabkan Dr. Cole merujuk pada trypophobia - yang ia derita - sebagai "fobia paling umum yang belum pernah Anda dengar".


Penelitian ini melibatkan pembentukan jika ada fitur visual khusus yang umum untuk objek trypophobic. Mereka membandingkan 76 gambar objek triptofobik (diperoleh dari situs trypophobia) dengan 76 citra kontrol lubang yang tidak terkait dengan trypophobia.

Setelah menstandarkan berbagai fitur gambar, para peneliti menemukan bahwa objek trypophobic memiliki energi kontras yang relatif tinggi pada frekuensi spasial midrange dibandingkan dengan gambar kontrol. Mereka memiliki struktur visual yang sama dengan garis-garis, yang juga menyebabkan migrain bagi sebagian orang.

Para ilmuwan kemudian ingin mengetahui mengapa fitur visual unik ini menyebabkan reaksi tidak enak semacam itu. Satu penderita trypophobia memberi Dr. Cole petunjuk - dia telah melihat seekor binatang yang menyebabkan dia mengalami reaksi trypophobic.

Hewan yang dimaksud, si gurita berkepala biru, adalah salah satu hewan paling beracun di dunia, yang menyebabkan Dr Cole menjadi "sedikit dari Eurekamoment".

Dia dan Profesor Wilkins menganalisis gambar berbagai hewan beracun - termasuk gurita berkepala biru, kalajengking deathstalker, ular ular cobra, dan ular berbisa dan laba-laba lainnya dan menemukan bahwa mereka juga cenderung memiliki kontras yang relatif tinggi pada frekuensi spasial menengah.

Para periset di Essex menyimpulkan bahwa trypophobia mungkin memiliki basis evolusioner - kelompok lubang mungkin tidak enak karena mereka kebetulan berbagi fitur visual dengan hewan yang telah dipelajari manusia untuk dihindari sebagai masalah kelangsungan hidup.



"Kami berpikir bahwa setiap orang memiliki kecenderungan trypophobia meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya," kata Dr Cole. "Kami menemukan bahwa orang-orang yang tidak memiliki fobia masih menilai gambar trypophobic sebagai kurang nyaman untuk dilihat daripada gambar lainnya. Teori ini membuat kita khawatir akan hal-hal yang menyakitkan dalam masa evolusioner kita. Kami memiliki kecenderungan bawaan untuk mewaspadai hal-hal yang bisa membahayakan kita. "

Sebagai obat untuk trypophobia, Dr Cole menyarankan apa yang bekerja dengan dia - dia melihat gambar begitu sering ia menjadi desensitised kepada mereka. Dalam penelitian lebih lanjut, tim dari Essex sekarang mengeksplorasi apakah memanipulasi karakteristik spektral dari gambar benda sehari-hari, seperti jam tangan, membuat orang lebih memilih satu objek daripada benda lainnya.

Mereka percaya eksperimen ini akan menjelaskan bagaimana kecenderungan trypophobic yang mendarah daging. dan sudah sangat jelas penjelasan diatas bahwa usahakan pobia tersebut sering sering kita lihat dan anggap saja


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

PENULIS: supri haryanto
MOBILBARU Updated at : 10:50 AM

{ 0 comments... blog ini DOFOLLOW or add one}


Post a Comment